Recents in Beach

header ads

Air Terjun Tumpak Sewu, Surga Ditelapak Kaki Semeru




Tak salah bila Kabupaten Lumajang di Propinsi Jawa Timur adalah sebuah daerah dengan destinasi alam yang luar biasa nan menakjubkan bagi yang berkunjung.  Selain dikenal sebagai Negeri Para Dewa dengan Negeri diatas Awannya di Desa Argosari Kecamatan Senduro.

Lumajang juga memiliki sebuah Surga tersembunyi di Selatan Kaki Gunung Semeru, tepatnya di Desa Sidomulyo Kecamatan  Pronojiwo sebuah Air Terjun Tumpak Sewu.

Bagi wisatawan yang pertama kali datang akan membayangkan sebuah air terjun yang langsung keluar dari Ribuan Sumber Mata Air adalah Respresentasi Film Fiksi Ilmiah 3D yang disutradarai oleh James Cameron. Karena wisatawan akan dibawa ke sebuah tempat dalam Film Avatar di sebuah Negeri Pandora dengan alam nan indah dengan gemericik  guyuran air terjun dari tebing batu alam khas Pegunungan Semeru.

Menuju ke Tumpak Sewu kita akan dimanjakan areal perkebunan Salak Pondo milik masyarakat setempat. Bahkan, kenikmatan dari salah kaki Gunung Semeru ini mendapat apresiasi dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Istrinya, Ani Yudhoyono saat berkunjung ke Lumajang untuk memetik langsung dari pohonya.

Tak salah, jika Salah Pondo Khas Pronojiwo menjadi buah wajib makanan di Instana negara diberbagai acara Kenegaraan karena buah salak ter-enak dan ternikmat di Pulau Jawa.

Bagi wisatawan yang hendak ke dasar Air Tejun Tumpak Sewu juga akan disuguhi keindahan alam yang juga luar biasa yakni, Goa Tetes. Kita akan melihat sebuah Goa  berada di tebing sungai dengan guyuran air yang sangat indah membentuk  Stalagtit dan Stalagmit.

Air yang mengalir di Goa Tetes oleh masyarakat sekitar diyakini bisa mempercantik dan awet muda. Sungguh sebuah maha karya sang pencipta di Kaki Gunung Semeru.

Untuk menuju ke Tumpak Sewu, wisatawan bisa naik motor, mobil pribadi dan Bus jurusan Malang. Dari Kota Lumajang, wisatawan menuju arah selatan melewati jalan propinsi melewati kecamatan, Sumbersuko, Tempeh, Pasirian, Candipuro dan Pronojiwo.

Selama perjalanan, para pengunjung akan melihat aktifitas warga Lumajang selatan. Setiba di perbatasan Candipuro-Pronojiwo, kita akan melewati jalur berkelok di perbukitan piket Nol.

Sesampai di Pasar Pronojiwo kita bisa berhenti sejenak untuk melihat keindahan dan gagahnya Gunung Semeru. Wisatawan akan mudah menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu dan Goa Tetes, karena sudah ada plakat/ tanda pengunjung k ke destinasi wisata.

Kita akan disajikan keindahan alam kaki Gunung Semeru yang luar biasa. Warga Sidomulyo menyebutnya, Surga yang tersembunyi. Seperti halnya Surga ada di telapak kaki Ibu.


Post a Comment

0 Comments