Recents in Beach

header ads

Sejarah Nama Harry Purwanto



Banyak cerita yang ada di Lumajang, kota kelahiranku. Banyak kisah sejak aku dilahirkan, menjadi anak-anak, remaja hingga dewasa.

Saya dilahirkan dari anak pasangan petani yakni Sudar Kartono dan Rokanna yang tinggal di Dusun Kambengan, Desa Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto. Saya terlahir sebagai anak kedua pada tanggal 31 Maret 1983, karena kakak saya telah dahulu yang bernama Budi Purwanto.

Kelahiran saya adalah anugerah bagi kedua orang tua, kemudian saya diberi nama, Bahrul Ulum yang memiliki arti "Lautan Ilmu,". Sayang, nama indah yang diambil dari kita suci Al-Qur'an tidak bertahan lama.

Karena sakit-sakitan, entah karena pengaruh mahluk halus, atau kekuarangan gizi. Kemudian orang tuaku dan buyut, mbah Tuya membawaku ke orang pintar (dukun bayi).

Atas saran dari sang dukun, entah siapa namanya, namaku harus diganti antara nama Tu'i atau Tuli. Kemudian kedua orang tua memakai kata nama Tu'i dan penyakitku hilang.

Nama Tu'i sangat populer bagi keluarga besar dari keturunan Mbah Tuya yang merupakan kakek buyutku. Saat hendak masuk sekolah Taman Kanak-kanah (TK), oleh orang tuanku namaku diganti, Hariyanto di usiaku menginjak 5 tahu.

Nama ini bertahan hingga aku kela 6 SD Banyuputih Kidul 02, karena oleh kakaku harus diganti biar keren, sebab nama Hariyanto sudah pasaran. Akhirnya, Nama Harry Purwanto tertera di ijasah kelulusan Sekolah Dasar, hingga kini.

Post a Comment

0 Comments