Recents in Beach

header ads

Puncak B-29, Kisah Avatar : The Legend Of Aang




Dalam sebuah film kartun Avatar : The Legend Of Aang,  kita mengenal adanya  tempat disebuah dunia fantasi dengan peradaban manusia  seperti Negeri Api, Negeri Air, Negeri Udara dan Negeri Bumi. Dalam film animasi asal jepang itu, kita disuguhkan sebuah tempat/daerah yang memiliki destinasi keindahan yang luar biasa dengan peradaban manusianya yang juga hebat.

Di Lumajang Jawa Timur, di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, ada sebuah desa yang dikenal dengan sebutan "Negeri  Di atas Awan" yakni Desa Argosari Kecamatan Senduro. Sebutan dan julukan itu, bukan isapan jempol belaka, karena Desa Argosari selalu diselimuti oleh Awan putih nan indah dan cantik berarak dari lembah satu ke lembah lainya.

Banyak pengunjung menyebut "Negeri Diatas Awan" ini, adanya gabungan kekuatan alam dari Unsur Api dan Air. Sehingga, saat api menyerang air, maka akan menguap dan menjadi awan. Entahlah, mungkin benar adaya dalam sebuah imaji dalam teori Fisika dan Kimia.

Kehidupan masyarakat Negeri Diatas Awan yang didominasi Suku Tengger yang beragama Hindu sangat mengedepankan adanya keyakinan dan kepercayaan antara Alam dan Manusia harus saling menjaga dan melestarikan. Sehingga,  masyarakat yang memegang teguh adat istiadat leluhur menjadikan kehidupan sangat damai dan tenang dalam kerasian alam dan manusia di Negeri Diatas Awan.

Sebuah destinasi alam di Argosari juga bisa dirasakan bila berkunjung ke Puncak B-29 dengan melihat sebuah kawasan lautan Pasir Gunung Bromo, Gunung Lemongan dan Gunung Semeru yang gagah menjulang tinggi di pulau Jawa.  Kita juga akan akan melihat Sunrise, terbitnya matahari dari ufuk timur nan eksotis berwarna orange dan kemerahan. Serta melihat perkebunan sayuran seperti bawang, kubis, kentang dan wortel, dengan aktifitas dari suku tengger penghuni  Negeri Diatas Awan.

Bila kita berkunjung ke Argosari tak lengkap rasanya bila belum mencoba Kentang bakar khas suku tengger dengan susu kambing segar. Kentang Argosari memiliki kekayaan nutrisi dan vitamin dengan kandungan kabohidrat rendah rasa manis. Tak salah bila kentang Argosari sebagai pemasok kebutuhan makanan untuk hotel berbintang di Jawa Timur dan Jakarta.

Argosari sebuajh destinasi alam dalam perbaduan kebudayaan suku tengger yang memegang teguh ada istiadat leluhur. Keramahan masyarakatnya membuat kita semakin bentah dengan suasan alam penuh kesejukan. Jadi, kurang lengkap kita datang ke Lumajang bila belum singgah di Negeri Di Atas Awan menikmati sejuta pengalaman luar biasa dalam sebuah ciptakan sang maha kuasa.

Bagi wisatan yang hendak berkunjung ke Desa Argosari, bisa menggunakan motor dan mobil. Jadi dari Kota Lumajang, wisatawan menuju wilayah barat ke Kecamatan Senduro. Agar tidak salah arah, wisawatan bisa berpatokan pada arah petunjuk jalan menuju ke B-29 yang dipasang masyarakat.

Selama perjalanan, wisawatan akan dimanjakan oleh pekarangan warga yang ditanami Pisang Agung dan Pisang Kirana. Selain itu, akan berpapasan para peternah sapi perah yang menjual susu ke Koperasi.

Pengunjung juga akan melihat keindahan dan anggunya Gunung Semeru dengan hamparan Hutan alami. Selain itu, bisa melihat kota Lumajang dari ketinggian selama perjalanan.

Sesampai di Rest Area, bagi pengunjung yang mengendarai motor hanya membayar uang masuk Rp. 5 ribu per orang. Bagi yang membawa mobil bisa diparkir, untuk yang mau menuju ke puncak B-29 bisa menggunakan jasa Ojek Rp. 75 ribu pulang pergi persatu orang.

Selama perjalanan ke Puncak B-29 akan tersaji keindahan alam dengan pertanian khas suku tengger. Dengan naik ojek, adrenalin akan tertantang dengam lihainya pengemudi warga Tengger.

Sesampai di puncak akan menikmati  indahnya Cipta Sang Pencipta. B-29 wisata alam yang akan menawarkan sejuta cerita dan makna kehidupan.

Post a Comment

0 Comments