Recents in Beach

header ads

Pura Mandhara Giri Semeru Agung



Desa Senduro Kecamatan Senduro berasa di wilayah Barat Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Desa ini memiliki Pura yang disucikan oleh Umat Hindu Bali dan Tengger. Pura Mandhara Giri Semeru Agung juga dijuluki Pura Kahyangan Jagat (Tempat Memuja Hyang WidhiWasa) merupakan pura yang dituakan se Asia Tenggara dengan 6 tingkatan.

Puncak Kunjungan umat dari berbagai daerah di Indonesia dan Khususnya dari Bali di Pura Mandhara Giri Semeru Agung  pada disaat ulang tahun Pura yang dikenal dengan nama  "Piodalan". saat itulah Ribuan umat hindu beribadah mendekatkan diri dengan Sang Pencipta demi kebaikan semesta alam.

Sehingga harmonisasi  kehidupan antara manusia dan alam menyatu  di Kaki Gunung Semeru dalam rasa spritualisme tinggi. Di Pura ini pula, aktualisasi manusia berlatar seni dan  budaya berpadupadan sebagai bentuk penghargaan pada sang pencipta.

Keindahan sebuah tarian adalah interpretasi bentuk keselarasan dan perpaduan panca indera menghargai makna kehidupan kepada Sang Ilahi. 
Pura adalah tempat suci bagi manusia untuk kembali pada sang Hyang Widhi Wasa.

Pura Umat Hindu ini menjadi tempat destinasi wisata religi yang sangat terkenal di Jawa Timur dan Nasioanal. Pasalnya, para pejabat negara yang berasal dari Bali sering beribadah ke Pura yang paling disucikan oleh orang seribu pura.

Dulu Menteri Pariwisata, Job Ave di era Orde Baru sering sembahyang untuk mendekatkan diri pada ilahi. Sejumlah pejabat lainya seperti Jero Wacik mantan Menteri Pertambangan dan Esdm, I Gede Puspayoga menteri Koperasi dan UKM juga sering ke Pura ini.

Bahkan, sejumlah Raja-raja Bali dari pelosok penjuru juga melakukan ritual keagaman di Ulang Tahun Pura. Mereka melakukan sejumlah sesembahan dan pagelaran kesenian.

Sebuah Tari Topeng Dedhari yang dipercaya berasal dari Kaki Gunung Semeru di tampilkan. Karena, umat Hindu Bali banyak yang mengaku masih keturunan orang Lumajang kuno.

Hubungan kekerabatan antaran umat hindu Bali dengan Lumajang sangat kental. Apalagi ada nama Jalan "Lumajang" di Denpasar.

Post a Comment

0 Comments