Recents in Beach

header ads

Belajar Menulis ke Prof Sam Abede




"Tiada Hari Tanpa Menulis" buku Oto Biografi Prof Sam Abede Pareno. Sebagai mahasiswa jenengan, saya terus menulis tiap hari. Karena menulis banyak manfaatnya, dibanding ngomong.


Bahkan kegiatan menulis di kemajuan teknologi saat ini, sudah jadi kebiasaan. Menulis status di media sosial, membalas status, menulis sudah jadi kebutuhan.

Namun, di media sosial masih hanya sekedar menulis. Bukan untuk mengubah dunia melalui tulisan, mereka menulis seperti mengumpat, menghujat, marah, hanya membalas saja.

Menulis itu kegiatan intelektual, bukan kegiatan emosi. Karena menulis adalah kerja otak melalui tangan dan jari. Dunia sudah menjadi masyarakat informasi.

Menjadi mahasiswa jenengan, saya banyak belajar soal kedisiplinan menulis. Ada masalah publik, dikaji mencari latar belakang, dianalisis dan diberikan solusi. Jangan handal jadi pengkritik, tanpa solusi. Jangan seperti Anjing Mengonggong Kafilah Berlalu. "Menulislah anak-anakku, karena menulis kau tetap ada", pesan Pak Sam panggilan akrabnya.

#menulis
#menuliskehidupan

Post a Comment

0 Comments