Recents in Beach

header ads

Kata Ndeso Jadi Viral



Dua hari ini saya membaca sejumlah status teman facebooker membahas kata "Ndeso". Entah kenapa, kata ini mulai viral dan makin populis di dunia media sosial yang terus jadi trending topik.

Ndeso adalah kata ungkapan orang Jawa dari suku kata, Deso diberi imbuhan N. Imbuhan itu, seakan menegaskan kata sifat sebagai orangan Deso.

Saya punya pengalaman, saat sekolah ke kota Lumajang. Waktu itu, kencing dipersawahan dan diumpat oleh teman kota, " Arek Ndeso," ujarnya. Kemudian pernah makan pakai tangan terbuka dan kembali diumpati "Ndeso".

Kemudian, saat nonton konser musik ada Tawuran, tiba-tiba sang vokalis juga mengumpat dan diikuti kata " Ndeso" secara koor. Saya mulai berpikir, kenapa aksi-aksi atau tindakan yang dianggap negatif dianggap Ndeso.

Pergeseran makna dan pemahaman suku kata Deso, membuat ambiguitas. Namun, entah sampai kapan akan kesalahan pemaknaan. Mungkin sama halnya, Kata Kampung diberi akhiran -an menjadi Kampungan.

Bahkan, Grup Band "Slank" juga memakai kata "Ndeso" dan "Kampungan" sebagai umpatan bila ada kributan. Juga dipakai para grub band lainya.

Dari banyak suvery wawancara ke pemain dan official Semeru FC saat tulisan dibuat, kata "Ndeso" dimaknai orang kampung atau desa yang sulit diajak maju. Lebih pada sifat manusia yang sulit diajak berubah sesuai kemauan orang terdidik merasa pintar. Kata ini digunakan saat pemerintah melalui sosialisi program kerjanya, semisal, suksesi KB, Pupuknisasi, Politik ajakan ke Partai Kuning (Orba). Hal ini munculnya orang Desa diajak maju pesat dalam pengetahuan dan lebih memilih jadi petani.

Seorang peneliti, Bambang Sutoyo mengatakan, Desa adalah kumpulan manusia yang berada dikawasan pertanian dan mampu memproduksi makanan sendiri.

Kata Ndeso bisa berubah pemaknaan dan jadi perlawanan disaat orang Desa mulai berbenah. Karena, kebanggaan menjadi orang Desa ditengah kemajuan teknologi. Status Facebooker juga banyak yang menyatakan bangga lahir dari orang Ndeso.

#deso #ndeso #wongdeso #wongndeso

Post a Comment

0 Comments