Recents in Beach

header ads

Bukan Sekedar Forum


5 Hari lagi, Forum Komunikasi Wartawan Lumajang (FWKL) akan berulang tahun ke 4. Usia yang cukup muda dan masih anak-anak bila diibaratkan sebagai manusia.

Forum wartawan ini adalah dibentuk dan didirikan oleh sejumlah insan pers untuk meningkatkan kapasitas dalam dunia jurnalistik. Tepat tanggal 27 Februari 2017 di Kantor Diklat Pemkab Lumajang di Jl. Ahmad Yani resmi dibentuk hasil musyawarah.

Kenapa dinamakan Forum, Pengertian Forum adalah wadah atau tempat pertemuan sebuah komunitas yang memiliki persamaan minat dan tujuan untuk bertukar pikiran suatu topik atau masalah secara bebas yang berkaitan dengan forum tersebut. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia forum adalah kata benda yang berarti 1) lembaga atau badan; wadah, 2) sidang, 3) tempat pertemuan untuk bertukar pikiran secara bebas.


Saat itu, Achmad Arifulin Nuha wartawan JTV ditunjuk sebagai Ketua Forum dengan Sekretris, Abdul Rahman Wartawan Komptas TV dan Bendahara Nur Hadi Wicaksono Trans Media. Visi Misi yang dibawa oleh FKwl adalah mengembalikan profesisi wartawan dalam mencerdaskan masyarakat.

Jika dahulu pers adalah alat perjuangan, ditengah kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Pers dituntut lebih cerdas untuk mendorong masyarakat maju.

"FKWL ini terbentuk untuk mengembalikan profesi jurnalis sebenar-benarnya," kata Achmad Arif ulinuha, Ketua FKWL terpilih saat mengelar rapat di Kantor Diklat Lumajang, Jum'at(27/02/2015) silam.

FWKL terbentuk lantaran ada lembaga pendidikan yang memasang plakat "Tidak Menerima Wartawan". Ternyata, setelah ditelusuri, pihak sekolah itu sering didatangi wartawan dan cuman nanya-nanya saja. Bukan menulis berita, tetapi menunggu mendapatkan amplop bulanan.

Adanya plakat itu, menampar profesi yang diatur dalam UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers. Mengatur tentang perusahan pers dan profesi wartawan.

"Sungguh malu, bila wartawan ditolak masyarakat, padahal wartawan berpihak pada publik," jelas Sekretaris FWKL, Abdul Rahman. 

Dari keresahan itu, Wartawan Lumajang perlu membentuk sebuah Forum membahas tentang profesi jurnalis dan peningkatan kapasitasnya. Sehingga, wartawan Lumajang bisa menjadi penggerak kemajuan Kabupaten Lumajang. Apalagi, Pers adalah pilar Demokrasi dan Keadilan terakhir yang disampaikan oleh mantan Ketua MK, Mahfud MD.

Di era dunia dalam gengaman (Gadget) dan semakian gandrungnya masyarakat terhadap media sosial. Apalagi, betebaran informasi siapa saja bisa memproduksi. Dunia maya kini seakan dipenuhi informasi apakah itu fitnah (Hoaxs) atau Fakta.Masyarakat yang memiliki ilmu pengetahuan (Preference) dan Pengalaman (Exproience) berbeda bisa terkena terpadaan banjirnya informasi.

Wartawan harus hadir menjadi salah satu filter dari banyak informasi mampu menyesatkan masyarakat. Dibutuhkan kerja-kerja profesional dengan melakukan verifikasi, verifikasi dan terus menerus melakukan verifikasi.

4 Tahun sudah Forum ini ada dan berkeinginan terus memberikan manfaat bagi masyarakat Lumajang. Saya sendiri, sangat bangga bisa bersama orang-orang luar biasa disebuah forum yang terus ber-ikhtiar memberikan kemanfaatan bagi tanah kelahiranya. Semoga, kebersamaan ini bisa terus terjaga demi marwah profesi wartawan. Terima kasih mitra kerja yang luar biasa menjalin kerjasama dengan Forum ini,

Post a Comment

0 Comments