Recents in Beach

header ads

Cara Mudah Menulis Berita



Untuk mudah menulis berita menggunakan rumh 4W + 1H yang sudah pakem dipakai. Hal ini agar memudahkan bagi penulis pemula untuk mengindetifikasi dari mana memulai menulisnya. 

RUMUS 5W + 1H

  1. 1. WHO - SIAPA, (Siapa yang terlibat dalam peristiwa, pelaku, korban, pemeran utama, pemeran penganti, figuran, orang, lembaha, organisasi, dsb).
  2. 2. WHAT - APA, (Apa yang terjadi, kejadian apa, peristiwa apa, acara apa, dan apa-apa lainya).
  3. 3. WHEN - KAPAN (Waktu kejadian, Hari, Bulan, Tahun, jam, menit, detik. Unsur waktunya)
  4. 4. WHERE - DIMANA, (Tempat kejadian, peristiwa menunjukan lokasi).
  5. 5. WHY - KENAPA, (Kenapa peristiwa itu terjadi, apa penyebabnya, kok bisa, apa latar belakangnya, motif, bagaimana kisah dan ceritanya, pengalamanya, pokoknya fokus kenapa dan kenapa,)
  6. 6. HOW - BAGAIMAN, (Bagaimana sebuah peristiwa terjadi, apa saja acaranya, apa saja kegiatanya, apa polisi gak, ada pak kampung gak, bagaimana ceritanya, bagaimana dan bagaimana).



Kuncinya

WHO does WHAT, WHEN, WHERE, WHY, HOW
 SIAPA melakukan APA, KAPAN, DIMANA, MENGAPA, BAGAIMANA

Contoh ;

LEAD BERITA 
Puluhan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah menggelar kegiatan menulis seputar Kampus Institut Agama Islam (IAIs) Kyai Syariffudin bertempat di ruang Pertemuan setempat, Minggu(18/11/2018). Kegiatan ini mengenalkan segala hal tentang seluk beluk Kampus, agar diketahui masyarakat Lumajang. 

  • SIAPA : Mahasiswa
  • APA : Mengelar Kegiatan Menulis
  • KAPAN : Minggu (18/11/2018)
  • DIMANA : Ruang Pertemuan
  • MENGAPA : Untuk mengenal seluk kampus
  • HOW : Agar ketahui masyarakat Lumajang


TUBUH BERITA
Mahasiwa mengundang, Harry Purwanto wartawan beritajatim.com sebagai salah satu narsumber untuk membimbing menulis berita. Kemudian, dilanjutkan praktek lapangan meliput seputar kampus yang berada di Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang.

"Kita ingin belajar menulis dan prakter langsung dengan tema seputar kampus," ujar Satimo, Ketua Pelaksana Kegiatan.

Menurut dia, teman kuliahnya ingin sekali mendalami dunia jurnalistik, khususnya menulis berita. Memilih tema seputar kampus, agar nantinya diketahui masyarakat mengenai sisi lainya dari kampus.

"Mulai dari kegiatan mahasiswa, dosen warung makan, dan lainya," ujar lelaki hidung mancung itu.

Susi, salah satu Mahasiswi KPI mengaku sangat senang mengikuti pelatihan penulisan berita dan langsung praktek. sehingga, diketahui kemampuan dalam menentukan liputan, melakukan dan menulis berita.

"Trus dikoreksi cara menulisnya," paparnya.

Sementara itu, Kepala Jurususan KPI Fakultas Dakwa, Achmad Arifulinnuha mengatakan, kegiatan ini sangat positig bagi mahasiswa dalam mengasah dunia jurnalitik. Dari berawal menulis berita, nantinya bisa membuat berbagai karya tulisan.

"Mahasiswa harus bisa menulis dan jadi bekalnya saat berada ditengah masyarakat. siapa tahu bisa jadi pekerjaan," ujar pria murah senyum itu.

Post a Comment

0 Comments