Recents in Beach

header ads

Autobiografi Si Jejak Harry Purwanto



Namaku Harry Purwanto, lahir di Lumajang, 31 Maret 1983. Aku anak kedua dari dua bersaudara dari pasangan Sudar Hartono dan Rokanna. Tempat tinggalku di Dusun Kambengan RT 23 RW 05 Desa Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto.

Saya akrab dipanggil Hari. Kakaku bernama Budi Purwanto, kini tinggal di Sidoarjo bersama seorang istri dan dua buah hatinya. Maklumlah, kakaku ikut urbanisasi semejak lulusan SMA untuk bekerja sambi kuliah hingga menikah.

Bapak adalah seorang petani dengan sambilan sebagai pedagang. Dia juga pernah merantau untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Ibuku seorang pekerja rumah tangga untuk mengurusi 2 buah hatinya para pejantan tangguh. Jadi,  ibuku itu paling cantik sendiri, hebat dan pekerja keras. Dia memiliki usaha goreng dalam membantu kebutuhan rumah tangganya. 

Usia 5 hingga 7 tahun, saya disekolahkan di TK Dharma Wanita di dekat Pasar Dawuhan Wetan Kecamatan Jatiroto (kini ikut kecamatan Rowokangkung). Saya termasuk anak menengah dalam kemampuan intelegensi dan sering terpilih untuk unjuk kebolehan menari serta menyanyi. 

Usia 7 - 12 tahun, sekolah di SDN 2 Banyuputih Kidul. Selama 6 tahun menimba ilmu di pendidikan dasar, saya aktif dikegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Dari kegiatan inilah saya mengenal diri sendiri dalam belajar kemampuam berorganisasi dan kepemimpinan. 

Tahun 1995 - 1998, saya masuk di SMPN 4 Lumajang. Jarak sekolah dengan rumah sekitar 6 kilometer ditempuh mengendarai sepeda pancal. Disinilah saya mengenal dunia komputer dalam kemajuan teknologi. Saya ingat, untuk mengaktifkan mesin elektronik harus pakai disket sebesar separo buku tulis. 

1998-2001 saya masuk SMA PGRI 1 Lumajang. Di sekolah swasta ternama inilah, saya kembali aktif di Pramuka. Pernah menjadi ketua panitia perkemahan Pramuka Bhakti Sosial di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro. 

Di masa putih abu-abu ini, saya sangat beruntung sekali bertemu dengan para dewan guru luar biasa. Terutama, wali kelasku IPS 4 yakni, Pak Soediro. Dari dia, saya bisa mengetahui akan bakat, kemampuan dan potensi terbesarku. 

Lulus SMA 2001, saya melanjutkan kuliah Diploma 1 melalui bidik misi ke Sekolah Tinggi Komputer (Stikom)  Surabaya dengan mengambil jurusan D1 Multimedia. Bidang keahlian desan grafis, animator dan editor video. Sebelum lulus sudah ikut kerja tidak tetap dalam pembuatan video clip lagu Banyuwangian bersama Aneka Safari.

Usai lulus 2002, saya memilih bekerja disebuah studio foto digital di Ruko Segi 8. Dikarena memiliki keinginan kuliah S1,  akhirnya pindah kerja di Percetakan Digital Zinnia Production. 

Ditahun 2003, saya membulatkan tekad kuliah sambil kerja di Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Fakultas Ilmu Komunikasi dengan Jurusan Jurnalistik ikut kelas malam hari. Dari kampus Semolowaru inilah aku mengasah dibidang akademik. 

Saat kuliah inilah, sata mulai aktif organisasi di UKM Commumication Photography Club (CIPHOC). Para seniornya banyak terjun menjadi fotografer dan jurnalis handal. Selain itu, saya aktif di Himajur Jurnalistik dan BEM Fikom. Berbagi waktu kerja dengan kuliah, membuatku tidak santai, fokus dan penuh tanggung jawab. 

Tahun 2007 saat kuliah, saya mempersunting gadis pujaan yang kuliah di IAIN Sunan Ampel, Ana Masruroh. Ditahun yang sama, saya juga lulus kuliah dan memiliki gelar Sarjana Sosial (S. Sos) . 

Saya kemudian bekerja di Harian Pagi Memorandum dengan wilayah liputan Surabaya, dari pos Kriminal, Ekonomi, Pemerintah hingga Dunia Mistis. Liputan dunia lain juga, sekalian tahu dimana saja tempat angker di Surabaya. 

Ditahun 2008 awal, saya pulang ke Lumajang untuk bisa kumpul dengan istri sudah hamil tua. Sayapun pindah pekerjaan di media online detik.com biro Surabaya dengan area liputan Lumajang - Probolinggo. Belum genap sebulan pulang, anak pertamaku lahir seorang perempuan. Ku beri Nama, Nasywa Aulia Najmi.

Kerja di media online terbesar di Indonesia, saya juga menerima tawaran untuk gabung sebagai Reporter di Radio Gloria FM. Dari pulang kampung, semakin mengasah dunia jurnalistik di berbagai jenis liputan. 

Ditahun 2010, saya pindah kerja lagi di media online terbesar di Jawa Timur yakni beritajatim.com hingga saat ini.

Ditahun 2011 Bulan September, anak keduaku lahir seorang laki-laki tangguh. Saya beri nama, Muhammad Royyan Alfatih Wirabhumi.

Kejenuhan selalu liputan dilapangan. Ditahun 2015 saya kuliah S2 di Fakultas Ilmu Komunikasi Dr. Soetomo Surabaya alias balik lagi ke menara gading. Waktu menempuh Master saya bertemu dengan Dosen lama seperti Redi Panuju, Sanhari Prawiradiredja,  Papi Hartopo dan Guru Besar Prof. Sam Abede Pareno. Alhamdulillah ditahun 2017 bisa lulus dengan meraih gelar Magistes Ilmu Komunikasi (M. Ikom).

Post a Comment

0 Comments