Recents in Beach

header ads

Hidup Bebas Apa Merdeka ? Soe Hok Gie





Apa itu Merdeka, kenapa bangsa ini ingin merdeka. Kenapa harus merdeka dan di proklamirkan. Kenapa dinamakan perjuangan sebelum merdeka. kemudian, ada darah, air mata dan kematian diakhir hayat.

Manusia harus merdeka, sebagai manusia yang mengatur manusia harus merdeka. Bukan jajah menjajah antar manusia atas nama apapun.

Kekinian, ada pertanyaan? apakah kita merdeka. Kita hidup bebas, bebas melakukan sebagaimana manusia sejati. Apakah kita dan bangsa ini semerdeka -merdekanya.

Kau lihat, adakah jurang perbedaan antara manusia sesama manusia di negeri merdeka. Apakah kalian tidak melihat ada ketertindasan sesama manusia di bumi Indonesia. Jurang pemisah antara si kaya dan si miskin masih terjadi. Merdeka tapi jualan si miskin, alasan demi kemanusian. 

Apakah pemimpin merasakan kemerdekaan manusia  di negeri ini. Mereka hanya memakai kata-kata, dirangkai dalam kalimat untuk menidurkan dan memberi mimpi surga. itulah kata Merdeka bagi ingin berkuasa dan menindas.

Soe Hok Gie berkata " Atau… dia kompromi dengan situasi yang baru. Lupakan idealisme dan ikut arus. Bergabunglah dengan grup yang kuat dan belajarlah teknik memfitnah dan menjilat. Karir hidup akan cepat menanjak. Atau kalau mau lebih aman kerjalah di sebuah perusahaan yang bisa memberikan sebuah rumah kecil, sebuah mobil atau jaminan-jaminan lain dan belajarlah patuh dengan atasan. Kemudian carilah istri yang manis. Kehidupan selesai."

Kaum sekolah bukan tahu arti merdeka, lebih suka hidup memerdekan diri dan jauh dari ajaran kemanusian. Apakah, kemerdekaan lebih hanya ungkap dogma agama berbalut aksi memanusiakan menindas lagi. 

Manusia adalah hewan carnivora di kebun binatang dunia. Memangsa sesama demi kuasa, membunuh pembeda. Merdeka katanya.

Post a Comment

0 Comments