Recents in Beach

header ads

Pramuka Ajarkan Kemandirian





Praja Muda Karana (Pramuka) kegiatan intrasekolah yang paling banyak diminati ketika sekolah dulu.  Disaat teknologi komunikasi dan informasi tak semaju saat ini. 

Seminggu sekali, ada pertemuan Pramuka untuk mengasah kemampuan skill menghadapi tantangan kehidupan. Kita bisa memahami penting tanggung jawab diri dan kerjasama dalam 10 orang sebagai Regu. 

Saya ingat, ketika menjadi ketua Regu "Jerapah" sejak kelas 3 hingga kelas 5. Perkemahan Sabtu Minggu, sesuatu yang ditunggu setiap tahunnya.  Kita bisa berkumpul bersama teman-teman dan tidak lagi dirumah. 

Kita bisa belajar mendirikan rumah/tenda. Kemudian membagi tugas siapa yang masak dan ikut per kegiatan sesuai kemampuan masing-masing. Disitulah, kita mengasah sebagai manusia mandiri bertanggung jawab. 

Kita ikuti lomba tali temali, semapor, morse dan pengetahuan umum ilmusosial. Acara yang paling ditunggu, malam api unggun dan seni. Masing-masing regu menampilkan keahlianya dan diakhir malam itu menyanyikan lagu Iwan fals "Kemesraan". Bikin sedih dan campur aduk, karena kebersamaan Persami segera usai. 

Adalah lagi, kegiatan Jurit Malam, kita diuji keberanian jalan ditengah kegelapan hingga dini hari. Adu nyali bercampur degup jantung hingga bulu kuduk merinding. Ditengah udara dingin, ada rasa ketakutan, kesedihan dan kelucuan. Bahkan, anggota Regu kecing dicelana saking takutnya melintas di areal pemakaman umum. Ngeri-ngeri lucu bila mengingatnya. 



Dari Siaga, Penggalang dan Penegak bisa merasakan kebersamaan menikmati kegiatan bermanfaat. Paling diingat, menjadi Ketua panitia Perkemahan Bhakti Sosial Pramuka-Palang Merah Remaja (Pertial Pramaja) 2000 SMA PGRI 1 Lumajang, di Desa Penanggal Kecamatan Candipura. Jika mengingat kisah itu, penuh perjuangan dan kisa romantisme percintaan. 

Saat itu musim hujan, baru selesai mendirikan areal perkemahan dan tenda. Jelang magrib, hujan sangat deras dan membuat kebanjiran dimana-mana. Sehingga, kakak pembina (Guru),  mengungsikan semua peserta Regu ke Balai Desa Penanggal. Banyaklah kisahnya. Kalian Semua adalah bagian kisah perjalanan hidup ini, wahai kawan-kawanku. Aku rindu sekali masa itu. 

Salam Pramuka
Tiga Kali Tepuk Pramuka

Post a Comment

0 Comments